Wilujen Tepang, Selamat Datang, Welcome Aboard,,,,


Kami Ucapkan Selamat datang bagi anda yang telah berkunjung ke blog kami,,,yang dalam proses selanjutnya akan menjadi support web resmi kami yang sedang dipersiapkan.

Sebagai prolog dari blog resmi kami ini, izinkan kami memperkenalkan diri, kami adalah bagian dari Bogornesia Group, sebuah kumpulan beberapa orang yang ingin membentuk sebuah komunitas yang bisa memberikan informasi tentang Bogor untuk warga Bogor dan warga JaBoDeTaBek yang ingin datang ke bogor, dan membantu membangun UKM yang mandiri untuk para pelaku usaha di Bogor, UKM adalah tulang punggung yang belum diperlakukan sebagai tulang punggung oleh pihak yang berkepentingan, atas dasar itu maka kami berkeinginan untuk membuat UKM Bogor lebih mandiri. 

Silahkan bergabung bersama kami sebagai bagian dari Bogornesia Community, akan kami share juga untuk membentuk komunitas untuk berbagi Info dan Bisnis yang sehat. Ikuti kami juga di Social Media pada akun twitter dan fanpage facebook kami utk berinteraksi bersama,,,,

Selamat datang dan selamat bergabung, bersama kita membangun Bogor menjadi kota yang Lebih !!

9/12/2014

Rencana Usaha (Bisnis Plan)

1. Lakukan rencana atas tindakan yang akan dilakukan (baik utk usaha baru atau pengembangan) Perencanaan bisnis dibutuhkan utk menjaga konsistensi usaha,membuat parameter atas tata kelola bisnis dlm berbagai skala,baik kecil, menengah atau besar, perbedaannya hanya ditingkat besaran saja.
  
2. Rencana ini dinamakan rencana bisnis,
Bisnis plan menyangkut kualitatif dan kuantitatif, dalam perancangan usaha ini menyangkut masa kelahiran,pertumbuhan (survive and growth) dan pemantapan. Bisnis plan yg menyangkut kuantitatif berhubungan dengan besaran modal dan biaya (tetap dan variabel) sedangkan kualitatif menyangkut,mutu atas produk,jasa,pelayanan dan manajemen. Besaran modal meliputi cash yang kita siapkan utk bisnis tersebut, dan biaya tetap serta variabel yang membentuk proyeksi cash flow => alur kas, inflow berupa pendapatan dan outflow berupa biaya-biaya. Struktur modal meliputi uang,barang,alat produksi,tempat usaha atau produksi,piutang dan hutang, struktur cash flow meliputi jenis pendapatan dan biaya tetap serta tdk tetap.

3. Konten dari rencana ini meliputi :

3.a. Apa yang akan dilakukan, meliputi produk, harga jual, promosi, target, dan parameter pencapaian.
Nah sekarang kita bicara detail ya,
Pertama mengenai produk atau jasa yg akan kita jual.
Ini akan menyangkut struktur cash flow dan modal, produk atau jasa itu kita yg melakukan produksi atau hanya trading (penjualan produk jadi). Berapa biaya produksi atau jasa yg kita tawarkan,baik biaya tetap atau biaya variable per satuan barang atau jasa.

Kedua mengenai harga jual,promosi dan target.
Setelah kita mengetahui struktur biaya dari satuan produk atau jasa yg kita keluarkan, kita tentukan media promosi yang jg akan menambah struktur biaya, setelah itu baru ditentukan target penjualan yang memungkinkan margin keuntungan kita buat.

Ketiga mengenai parameter pencapaian.
Parameter atau ukuran pencapaian ini tdk melulu tentang penjualan, tapi juga tentang proses produksi, pelayanan dan manajemen. Parameter ini kemudian akan kita jadikan dasar analisa bisnis plan secara keseluruhan.

3.b. Dimana melakukannya, meliputi lokasi yang akan digunakan.
Ini juga meliputi struktur cash flow meliputi biaya untuk penentuan lokasi. Lokasi produksi atau toko atau kios yang akan kita gunakan, dan potensi pendapatan yang diproyeksikan didapat.

3.c. Kapan, meliputi waktu untuk memulai dan mengakhiri rencana.
Hal ini dilakukan agar bisnis plan mempunyai proses analisa atas keberhasilan bisnis plan dan perbaikan untuk bisnis plan berikutnya.

3.d. Bagaimana memulainya, meliputi cara atau tindakan yang akan dilakukan.
Setelah modal, struktur cash flow dan target tadi terbentuk dalam bisnis plan tadi, kita mulai menentukan langkah realisasi atas bisnis plan yg dibuat tadi.

4. Lakukan semua tindakan atas bisnis kita berdasar rencana.

5. Lakukan proses rencana tadi dalam sebuah siklus besar berupa

6. Pembuatan Rencana.

7. Penyiapan dan persiapan atas rencana yang akan dilakukan.

8. Eksekusi atas rencana yang akan dilakukan.

9. Lakukan kontrol atas tindakan yang berdasar pada rencana tadi.
Ini juga tak kalah penting, kontrol atas rencana dan realisasi membuat kita tahu arah usaha kita yg sedang berjalan dan kedepan.

10. Belajar untuk membuat rencana atas tindakan td dalam beberapa jangka waktu.

11. Jangka waktu pendek, kisaran waktu 3- 4 bulanan.

12. Menengah antara 6-8 bulanan.

13. Panjang sekitar 12 bulanan.

14. Untuk tahap awal pembuatan rencana buatlah rencana umum, target umum, pelaksanaan umum.
Untuk memudahkan proses bisnis plan kita buat global atas rencana, target dan pelaksanaannya.

15. Setelah garis besar dari rencana td dibuat, selanjutnya adalah buatlah detail rencana.
Setelah grand design atas bisnis plan tadi terbentuk secara umum, baru kita buatkan breakdown atau pemecahan atas detail masing2 bagian.

16. Tidak ada rencana yang sempurna, yang ada hanya rencana biasa yang dilakukan dengan sempurna.

17. Percayalah, dengan rencana, anda tak akan hilang fokus atas bisnis yang anda lakukan.

18. Rencana, pelaksanaan, evaluasi, adalah detak jantung yang membuat bisnis anda berdetak secara terus

19. Terkontrol dan terukur.

20. Lakukan secara terus menerus.

Sukses tak pernah mudah, hanya milik mereka yang punya impian indah akan masa depan dan berlari mengejarnya !
#ukmbogorhebat
#kotabudayakulinerbogor

No comments:

Post a Comment